15 July 2011

Felt Bag

Today post is dedicated to all house moms who like to do art and craft as a hobby. I'm sorry I can't tell you how to make cushions or other goodies that I sell ... Also, very sorry I can't share you the exact pattern (no matter how many times you asked) hehehe... I am not 'pelit' info, I can guarantee you that... but just a saying, we don't go to Angke Restaurant and asking what their secret recipes to make Lindung-cah-fumak hehehe.

Anyway, today I'll show you how to make a cute bag from felt, with a little pocket and a bear head applique on it. To make it easier for you (and me) I'll explain in bahasa indonesia... *yaiyalaah inglis amburadul gitu :D :D :D*

Step 1 *teuteup pake 'step 1' soalnya kalo 'langkah pertama' panjang banget ngetiknya :D*
Siapkan 50 cm kain felt warna netral, dan 5 macam warna kain felt ukuran kecil (tersedia ukuran 15x15 cm loh di toko). Siapkan benang warna warni, dan tentunya gunting dan jarum. Hahahaha repot kalo motongnya pake golok. STOP! udah becandanya. Now, serius.

Step 2: Mari kita potong-potong bahan yang ada :)

(Photo A): Ini foto untuk potongan pertama yang akan dijadikan kantong.

Potongan-potongan tersebut terdiri dari:
- bahan untuk kantong (16.5*14 cm, untuk mempercantik saya potong melengkung sudut bawahnya),
- bahan untuk kepala bear (lebar sekitar 12 cm),
- moncong, hidung dan bagian dalam kuping bear,
- bentuk hati 3 macam warna.

(Photo B): potong 4 lembar kain ukuran 4.5 x 38 cm untuk dijadikan tali tas

(Photo C): potong 2 lembar kain ukuran 27.5 x 24 cm (potong melengkung ujung bawahnya juga) untuk dijadikan bagian depan dan belakang tas.

Step 3: Penggabungan bahan Kantong

(Photo D): Ujung hidung ditempelkan ke moncong, dan moncong ditempelkan ke kepala dengan tusuk feston. Tambahkan garis senyum dengan tusuk tikam jejak. btw, "moncong"??? hehehe funny word :D :D :D*

(Photo E): Kepala bear ditempelkan ke kantong, dan tambahkan pita untuk pemanis. (Notes: Di photo A potongan felt untuk pita adalah biru dan ujung idung adalah pink, tapi saya ubah karena kurang nendang hehe)

(Photo F): Gabungkan kantong yang sudah jadi tersebut ke bagian depan tas, dan tempelkan 3 hati sebagai pemanis. Pada tas ini jenis tusuk jahit yang saya gunakan adalah tusuk feston, tetapi tidak tertutup kemungkinan jika mau menggunakan jenis tusukan lain seperti tusuk tikam jejak atau tusuk rol. Anything will do :)

Step 3: Penggabungan badan tas

(Photo G): Saya kelupaan foto potongan felt untuk bagian tengah tas-nya hehehe, anyway ukurannya adalah 4.5 x 66 cm.
Gabung bagian depan tas dengan lembaran bagian tengah sbb:

(Photo H): Seperti ini hasil setelah digabungkan

(Photo I): Ini adalah foto badan tas yang telah tergabung bagian depan-tengah dan belakang.

Step 4: Final step. Penggabungan Tali tas

(Photo J): 2 lembar kain felt untuk tali tas digabungkan dan dirapikan (again) dengan tusuk feston. Maksud penggabungan ini agar tali menjadi lebih tebal dan kuat.

(Photo K): Tali yang telah selesai digabungkan, dijahitkan ke badan tas dengan jenis jahitan tusuk tikam jejak berjarak. Buat bentuk kotak dan "X" untuk memastikan pegangan tas ini cukup kuat.

(Photo L): Taaddaaa... ini dia final result-nya. Simple yet cute :)

Gimana, mudah bukan? buat ultah anak besok-besok bisa deh mulai bikin felt-bag ini buat dijadikan goody bag. Ganti paduan warna-nya, atau bikin aplikasi lain selain bear. Tambahkan permen-permen, jelly, snack di dalam tas-nya, waah jadi deh goody bag seru buat ultah buah hati anda.

Hmmm senangnya berbagi, besok-besok share apa yah? :D

No comments:

Post a Comment